Perencanaan desa merupakan kegiatan wajib yang dilakukan dalam pemerintah desa. Kegiatan perencanaan akan menentukan arah kebijakan dan perkembangan desa. Sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa dan turunannya berupa peraturan bupati malang nomor 4 tahun 2016 tentang pedoman dan tata cara penyusunan rencana kerja pembangungan jangka menengah desa (RPJMDes) dan rencana pemerintah desa (RKPDes), pembangunan diawali dengan melakukan proses musyawarah mulai dari tingkat dusun dan desa. Output dari musyawarah diantaranya berupa gagasan atau konfirmasi kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Bertempat di Balai Desa Arjowilangun pada hari senin tanggal 23 september 2019 dilaksanakan musyawarah dusun (Musdus). Kegiatan musdus dilaksanakan dalam rangka penggalian gagasan Dusun Barisan untuk penyusunan dokumen RPJMDes 2019-2025. Agenda dalam kegiatan musdus diawali dengan sambutan Kepala Desa, Sambutan Badan Permusyawatan Desa (BPD), sambuatan Pendamping Lokal Desa (PLD), kemudian dilanjutkan penggalian gagasan masing-masing Rukun Tetangga (RT). Gagasan terkumpul, kemudian diplenokan oleh BPD dan diakhiri dengan tanya jawab seputar pembangunan desa serta sharing. Musdus dimulai pukul 19.00WIB berakhir pada pukul 22.30WIB.

Kegiatan Musdus diikuti oleh unsur RT, Rukun Warga (RW), tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, perwakilan perempuan, tenaga kesehatan/bidan desa, BPD, LPMD, Pemerintah Desa. Kegiatan musdus menghasilkan usulan mulai dari bidang pembangunan seperti; pembangunan jalan, tembok penahan tanah, rehab jalan, pembangunan jembatan dll. Sedangkan kegiatan pemberdayaan seperti; pelatihan pembuatan pemberian makanan tambahan (PMT) sehat, pelatihan penguatan kapasitas kader PKK, pelatihan karang taruna dll.

Kuswianto Kepala Desa (Kades) Arjowilangun menyampaikan, “dalam proses perencanaan akan difasilitasi oleh BPD untuk melakukan musyawarah baik tingkat dusun maupun tingkat desa sesuai dengan tupoksi”. Kepala Desa juga menyampaikan secara detail penggunaan dana desa di tahun 2019. Transparansi anggaran sudah terpasang di baner APBDes diharapkan warga ikut melihat agar tau pelaksanaan kegiatan di Desa Arjowilangun. Winadi Ketua BPD menyampaikan tentang tugas BPD diantaranya menggali, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Selain itu, juga memperkenalkan 9 BPD baru dilantik di desa arjowilangun. Pendamping Lokal Desa menyampaikan materi tentang proses perencanaan desa mulai dari RPJMDes RKPDes APBDes, macam-macam sumber dana di desa, prioritas penggunaan dana desa, transparansi anggaran desa.

Proses Musdus berjalan dengan lancar dan berakhir dengan tertib. Usulan tertampung sesuai dengan kebutuhan masing-masing RT/RW dan Dusun. Kegiatan yang masuk terdiri dari bidang pembangunan dan pemberdayaan. Dalam proses pelaksanaan kegiatan masyarakat dapat ikut mengawal agar merasakan manfaat dari pembangunan di Desa Arjowilangun. (PLD_PD)